Welcome to kocomon.blogspot.com
go to my homepage
Go to homepage

Minggu, 08 Mei 2011

ilmu sablon part II


    1. PROSES AFDRUK KE SCREEN

    Kertas kalkir yang sudah kita gambar akan di aplkasikan diatas screen melalui proses afdruk. Usahakan untuk satu warna gunakan satu screen agar sewaktu mengganti warna yang lain anda tidak perlu menunggu penghapusan screen yang telh dipakai sebelumnya.jadi bila gambar menggunakan 5 warna, maka digunakan 5 screen.
    Untuk obat afdruk, gunakan obat afdruk berupa Emulsion dan Senitizer. Emulsion merupakan bahan kimia yang akan membentuk gambar dari bayangan klise pada screen atau proses dari gambar negative menjadi gambar positif. Sedangkan Senitizer, merupakan bahan pencampur emulsion yang peka terhadap cahya matahari atau cahaya lampu.
    Ada banyak obat afdruk yang di jual di pasaran dengan harga terakhir saya beli sekitar Rp.30.000 – 50.000, dengan kualitas berbeda –beda.

    1. Langkah – Langkah Melapisi Screen Dengan Obat Afdruk
    1. Melapisi screen dengan obat afdruk.
    Gunakan rakel atau mistar mika untuk melapisi seluruh permukaan baik luar maupun dalam screen secara merata dan tipis. Untuk meratakanya, tarik rakel dari bawah ke atas, dari kiri ke kanan secara merata, Pelapisan screen menggunakan obat afdruk haruslah merata dan tidak boleh ada yang sampai bocor.
    1. Proses pengeringan
    Setelah screen selesai dilapisi, keringkan screen dengan membiarkannya di ruangan gelap atau menggunakan lampu berwarna merah selama satu jam. Jika ingin lebih cepat gunakan hair dryer atau kipasi menggunakan kipas angin hingga permukaan screen benar benar kering. Jangan sampai terkena cahaya, debu atau air, karna dapat menyebabkan kegagalan saaat proses pencahayaan nanti. Tanda- tanda screen telah kering antara lain: jika anda ketuk bagian pinggir, screen akan berbunyi seperti genderang.
    Setelah kering lebih baik langsung lakukan proses pencahayan, sebab kalau lewat dari 5 – 6 jam maka daya obat afdruk terhadap cahaya akan hilang


    2. Proses Pencahayaan
    1. Pemindahan Gambar Ke Screen
    Pencahayaan dilakukan untuk menghilangkan lapisan obat afdruk yang tidak di perlukan, atau untuk membuat jalan cat keluar. Pencahayaan pada proses afdruk ada dua macam, yaitu menggunakan cahaya matahari, dan menggunakan cahaya lampu, baik lampu pijar atau lampu TL. Keunggulan menggunakan cahaya matahari adalh hemat biaya, Dan kekurangannya adalah, jika matahari sedang tidak bersahabat atau mendung, proses afdruk akan gagal.
    Dan karena dijaman yang modern ini maka saya disini akan membahas proses pncahayaan menggunakan lampu saja. Tapi jika anda ingin menggunakan cahaya matahari, anda bisa bertanya kepada saya nanti. Okeh….

    Sekarang kita bahas mengenai pencahayaan.

    Setelah screen benar benar kering, letakan kertas kalkir yang sudah kita gambar tadi, dengan posisi gambar berada di bawah screen, lalu tumpuk bagian atas screen menggunakan kertas berwarna hitam, atau bisa juga menggunakan kertas kresek hitam. Diatas kresek hitam tumpuk dengan, atau spon sesuai ukuran (besarnya spons memakai ukuran lobang screen yang dipakai) tebal busa sekitar 2 – 5 cm. Lalu tumpuk lagi bagian atas spons menggunakan benda berat, seperti buku telfon, bongkahan batu paving, atau benda berat lainnya. Untuk seberapa lama waktu yang digunakan dalam proses penyinaran tergantung dengan kondisi tempat anda, untuk kondisi normal biasanya sekitar ± 5 menit.

    Batu paving
    Spons
    Kertas hitam
    Screen
    Gambar


    3. Prose Penyemprotan Screen
    Setelah pencahayaan selesai, lepaskan kertas kalkir dan akan terlihat bayangan gambar di screen agak keputih putihan dan perbedaan tajam antara daerah gambar dan bukan daerah gambar. Setelah itu lakukan penyemprotan menggunakan semprotan yang bisa digunakan untuk memandikan burung.
    Ada beberapa teknik pada proses penyemprotan/pelepasan obat pada screen yaitu:
    1. dengan cara merendam screen yang telah disinari tadi kedalam air hangan 600C sampai 700C, sampai bagian gambar menjadi berlubang dan bersih.

    ATAU

    2. siramkan air dingin ke sisi depan dan belakang berulang ulang hingga terlihat gambar yang telah kita buat pada proses pertama tadi. Setelah itu oleskan sabun cream pada daerah gambar sisi depan dan belakang, kemudian siram dengan air dingin hinga bekas sabun hilang. Sabun cream berguna untuk mencegah daerah gambar buntu kembali setelah screen kering. Setelah itu baru keringkan kematahari tanpa terkena langsung sinarnya, atau taruh pada ruangan panas.

    ATAU

    3. masukan screen kedalam bak mandi lalu diamkan selama beberapa menit, jika dalam berapa menit gambar yang terlepas di screen belum sempurna, lakukan penyemprotan secara hati-hati pada bagian yang belum sempurna hinga gambar terlihat sempurna di screen.


    Apabila ada bagian yang sulit dilepas semprot screen menggunakan semprotan dengan tekanan yang tinggi. Setelah gambar terbentuk sempurna bersikan dengan air hangat bersuhu 350C selama satu menit. Setelah itu siram dengan air dingin dan keringkan.
    Apabila bocor karena gambar rusak, kerusakan itu dapat ditutup dengan obat afdruk memakai kuas kecil. Setelah itu, screen dijemur kembali hingga bagian tambalan tadi mengering.

    Oh ya, pada saat digunakan untuk menyablon, screen akan termehek-mehek , tergesek-gesek rakel berulang-ulang. Agar screen tidak cepat aus, screen yang telah di afdruk/(telah melewati tahap pencahayaan), sebaiknya diberi lapisan penguat yang dapat di temukan di toko bangunan percetakan terdekat.





    4. Proses Penghapusan
    Setelah dipakai screen perlu dibersihkan agar bilamana anda ingin memakainya kembali, dapat diperoleh hasil yang tetap memuaskan. Dan screen harus dibersihkan sebersih-bersihnya. Kalau dalam membersihkan screen kurang bersih ini mengakibatkan:
    • Daya rekat obat afdruk akan buruk
    • Daerah gambar/corak buntu dan buruk
    • Terbuangnya waktu untuk koreksi daerah gambar corak

    Dengan berhati-hatinya anda membersihkan screen, ini menentukan kualitas dan tahan lamanya dari gambar yang anda buat, dan ini Penting dalam menyiapkan screen yang akan kita pakai kembali. Salah satu sebab kegagalan dalam pembuata gambar adalah buntunya screen.

    Sebenarnya proses penghapusan ini sama dengan proses afdruk, bedanya, anda tidak perlu kawatir terhadap cahaya karena proses ini tidak ada sangkut pautnya dengan cahaya. Ada bisa membeli obat hapus di toko bangunan percetakan terdekat. Dengan merek/brand yang bermacam-macam.

    Cara menghapus screen menggunakan pasta hapus (anda bisa membelinya di toko percetakan):
    • Bersihkan screen yang telah dipakai dari sisa sisa cat menggunakan cairan khusus atau sejenisnya.
    • Bila sudah bersih dari cat, gosok screen anda dengan sabun cream agar sisa tinta/cat hilang.
    • Lalu oleskan obat hapus yang anda miliki
    • Diamkan selama 3 menit
    • Lalu semprot screen dengan tekanan yang kuat hingga bersih
    • Jika sudah bersih oleskan kembali sabun cream secara merata agar sisa-sisa obat menghilang
    • Cuci screen dengan air hingga bersih dari sisa sabun (lakukan berkali-kali hingga benar benar bersih)
    • Jemur / keringkan

    selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sang Blogger

  © Free Inspiration Blog My Blog by RAInDY Blog

Back to TOP